Sistim pengapian (Ignition System) sebagai salah satu dari sistim
kelistrikan sepeda motor juga menjadi penentu besar kecilnya power
output yang dihasilkan oleh engine. Untuk keperluan balap atau pacu di
lingkungan road ataupun drag, sistim pengapian menjadi bagian utama yang
memerlukan perhatian periset. Umumnya riset yang dilakukan pada
sistim pengapian adalah memaksimalkan terjadinya pengapian oleh kerja
CDI dan Busi (plug). Untuk balap jenis standar (OMR) tidak memerlukan
modifikasi atau riset khusus pada sistim pengapian, yaitu seperti contoh
adalah tidak diijinkan mengganti cdi standar. Berbeda dengan even
balap sepeda motor dari beberapa pabrikan, umumnya penggunaan cdi dan
coil non pabrikan merupakan hal biasa, baik itu cdi non programmable
atau programmable. Komponen lainnya hanyalah penggantian dengan part
racing yang ada dipasaran, mulai dari kabel busi hingga ke busi. Gambar
7, salah satu bagian dari sistim pengapian pada sistim kelistrikan
sepeda motor.


FIG. 7. Ignition Systems
0 on: "Objek Riset Bagian Ignition System Sepeda Motor"