More Categories

Sabtu, 04 Maret 2017

Modifikasi Roda Gigi Primer dan Roda Gigi Sekunder

Putaran output crank shaft diteruskan sistim pemindah tenaga melalui dua buah roda gigi primer dan sekunder (gbr.4.7). Roda gigi primer menyatu dengan crank shaft, sedangkan roda gigi sekunder berada pada sistim pemutus dan penghubung (clutch). Ukuran diameter roda gigi primer lebih kecil dari diameter roda gigi sekunder. Roda gigi primer selain sebagai penerus putaran ke roda gigi sekunder di rangkaian kopling (clutch) adalah sebagai fly wheel yang dirakit menjadi satu dengan sistim sentripugal kopling.
Modifikasi yang dilakukan pada roda gigi primer dan roda gigi sekunder yang biasanya dilakukan adalah dengan melakukan perubahan ukuran pada keduanya. Perubahan yang dilakukan adalah memperkecil diameter roda gigi primer (mengurangi jumlah gigi) dan memperbesar diameter roda gigi sekunder atau sebaliknya, yaitu membesar diameter roda gigi primer dan memperkecil roda gigi sekunder. 
Modifikasi Roda Gigi Primer dan Roda Gigi Sekunder
Perubahan ukuran diameter seperti diatas menyebabkan putaran yang dipindahkan oleh crank shaft akan menjadi lebih besar pada roda gigi sekunder dengan momen puntir yang lebih kecil atau putaran dari crank shaft yang dipindahkan ke roda gigi sekunder akan lebih kecil dengan momen puntir yang lebih besar. Pengurangan ukuran diameter roda gigi primer akan menyebabkan power yang dibutuhkan oleh engine untuk menggerakkan perangkat power train system menjadi lebih besar (berat). Lain halnya dengan roda gigi primer yang diperkecil ukuran diameternya, power output pada crank shaft yang dibutuhkan untuk menggerakkan power train system tidak terlalu besar (engine lebih ringan).
Untuk sepeda motor yang akan digunakan sebagai sepeda motor drag race, bobot roda gigi primer dan sekunder bisa dikurangi dengan pembubutan disisi kiri dan kanannya. Pengurangan ini akan membuat beban yang dipikul oleh crank shaft menjadi lebih kecil. Namun, untuk sepeda motor yang akan digunakan pada road race, pengurangan bobot sebaiknya tidak dilakukan. Pada road race cukup dengan melepaskan rangkaian sentripugalnya saja dan menipiskan, atau mengganti rumah sentripugal dengan beban melalui pembubutan, agar bobot yang dipikul oleh crank shaft lebih ringan.

0 on: "Modifikasi Roda Gigi Primer dan Roda Gigi Sekunder"