More Categories

Sabtu, 04 Maret 2017

Modifikasi Kopling Otomatis Jadi Kopling Manual

Susunan Clutch Jenis Basah Sepeda Motor
Gbr. 4.2. Susunan Kopling Otomatis
Pada gbr. 4.2 adalah gambar susunan kopling otomatis yang uum digunakan pada sepeda motor bebek (110 cc – 125 cc). 
Langkah yang harus dilakukan saat modifikasi atau perubahan kopling otomatis menjadi kopling manual adalah sebagai berikut:
  • Perubahan atau penggantian tutup kopling pada crank case
  • Melepaskan rangkaian penghubung sentripugal dari rumahnya, kemudian poros crank shaft sebelah kanan dimatikan (dikeraskan) dengan roda gigi primer. Namun, penguncian roda gigi primer bisa dikerjakan setelah modifikasi pada roda gigi primer dilakukan
  • Pemasangan tuas atau handel dan kabel kopling pada batang kemudi (stang) sebelah kiri.
Modifikasi kopling otomatis menjadi manual memang perlu dilakukan, apabila sepeda motor akan digunakan sebagai sepeda motor balap (apapun jenis balapnya). Kopling manual memiliki kemampuan yang lebih spontan dibanding kopling otomatis, karena kopling otomatis memerlukan waktu saat memutuskan dan menghubungkan putaran engine dengan transmisi melalui koplingnya. Kopling manual yang telah terpasang pada blok seperti diilustrasikan pada gambar 4.3.
Modifikasi Clutch Otomatis jadi Manual
Langkah awal modifikasi kopling otomatis menjadi manual adalah dengan melepaskan rangkaian penghubung sentripugal yang terletak pada poros crank shaft, kemudian rumahnya dikeraskan (disatukan) dengan crank shaft. Sebelum dikeraskan atau dimatikan, biasanya modifikasi pada roda gigi primer dan modifikasi pemotongan ketebalan atau penggantiannya dilakukan terlebih dahulu. Kemudian modifikasi dilakukan pada tutup kopling pada crank case (gbr.4.4). 
Hasil Modifikasi Clutch Case dan Pemasangan Handle Clutch
Untuk tutup kopling pada crank case, bisa langsung diganti dengan tutup yang telah dilengkapi oleh tuas kopling manual atau dengan memodifikasi tutup kopling pada crank case. Tutup kopling manual pada crank case yang digunakan disesuaikan dengan merek sepeda motor masing-masing. Selain tutup kopling, perangkat lain hingga ke batang kemudi (stang) telah tersedia dalam satu set (gbr.4.5)
Clutch Case EOM dan Kelengkapan yang diperlukan
Kelengkapan Clutch Case dan Handle Clutch
Rumah sentripugal kopling otomatis umumnya tidak dilepas oleh para periset, dengan asumsi sebagai beban untuk keseimbangan crank shaft kanan dan kiri. Sebenarnya rumah sentripugal bisa juga dilepaskan dari crank shaft untuk memperingan beban crank shaft dan diganti dengan beban sebagai balancer, yang berguna untuk mengimbangi keseimbangan akibat panjangnya crank shaft. Beban antara sisi kanan dan sisi kiri crank shaft tidak akan mempengaruhi keseimbangan crank  shaft pada crank case tengah. Kedua ujung crank shaft yang memikul beban kerja engine pada crank pin berada pada bearingnya masing-masing. 
Keseimbangan sangat diperlukan oleh crank shaft yang memikul kerja engine, yaitu dibagian tengah crank case. Untuk lebih ekstrim adalah pemotongan crank shaft dan pembentukan ulir batu pengunci roda gigi primer, juga bisa dilakukan untuk keperluan drag race. Pada gbr. 4.6 adalah perubahan rumah sentripugal yang diganti beban sebagai balancer.
Modifikasi Centripugal Clutch dengan Balancer

0 on: "Modifikasi Kopling Otomatis Jadi Kopling Manual"