Tiga aspek yang menjadi penyebab terjadinya pembakaran, menyebabkan
system bahan bakar juga menjadi bagian utama para periset dalam
perubahan motor pacuan. Mulai dari karburator, hingga sisa pembakaran
di knalpot. Gambar 7, sistim bahan bakar pada sepeda motor.
Gbr.7. Fuel Systems
Bukan itu saja, saluran yang dilalui pun diperbesar, agar kapasitas bahan bakar yang masuk lebih besar (secara awam memang kapasitas pada ruang yang besar akan lebih besar atau banyak dibanding dengan saluran yang kecil). Hal berikutnya adalah perubahan valve masuk/buang hingga ke saluran buang (knalpot).
Perangkat kaburator, valve atau biasa disebut klep oleh para periset, ruang bakar yang terdiri dari piston dan kelengkapannya mendapat sentuhan perubahan, dengan satu tujuan yaitu membuat dapur pacu pembakaran memperoleh bahan bakar yang besar dan maksimal. Pertanyaannya adalah: “Apakah dengan kapasitas besar antara bahan bakar dan udara akan membuat pembakaran yang menghasilkan tenaga yang lebih besar ? atau apakah perubahan tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya tenaga dari hasil pembalkaran? Jawabannya bisa ya, bisa tidak.
Pada sebagian periset mungkin berhasil, namun sebagian lagi mungkin belum tentu berhasil meningkatkan hasil pembakaran dengan perubahan tersebut. Bahkan, untuk periset yang sukses dengan percobaannya pada satu motor pacuan, kemungkinan hasilnya belum tentu sama pada motor pacuan yang lainnya. Nah bagaimana caranya agar periset bisa melakukan pengembangan pada multi motor pacu dengan hasil yang maksimal ?
Jangan sampai investasi dan obsesi yang diharapkan jadi gagal dan bisa sesuai. Berarti pengetahuan bahan dan pengetahuan teoritis terlebih dahulu dikuasai, sehingga perubahan atau penggantian part yang mendukung system pembakaran jadi lebih tepat. Seperti contoh adalah pemakaian bahan bakar bensol yang bernilai oktan tinggi digunakan sebagai bahan bakar pada dapur pacu pembakaran berkompresi tinggi, padahal penggunaan bahan bakar berokatan tinggi umumnya digunakan pada dapur pacu pembakaran dengan rasio kompresi yang rendah, seperti mesin jet atau jenis engine yang layaknya digunakan pada pesawat udara, berarti material dapur pacu yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi harus benar-benar diperhitungkan kekuatan dan ketahanannya.
0 on: "Objek Riset Bagian Fuel System Sepeda Motor"