Memperbesar tabung silinder pada
blok silinder adalah pekerjaan modifikasi periset dalam meningkatkan
kapasitas volume pemasukan bahan bakar yang masuk kedalam silinder,
sehingga performa atau power output meningkat. Tingkat perubahan
diameter dibuat berdasarkan diameter piston dan ringnya, tentu
modifikasi perubahan juga mengikuti aturan-aturan dari tujuan risetnya,
yaitu untuk digunakan pada arena balap non free for all. Untuk free for
all, modifikasi yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan fungsi,
karakter dan komponen pendukung (piston dan ringnya).
Pertimbangan kekuatan bahan sangat
perlu, apabila perubahan diameter dilakukan ekstrim. Sehingga pada saat
engine bekerja pada putaran tinggi tidak menimbulkan kerusakan yang
disebabkan oleh kelelahan bahan akibat temperat dan tekanan tinggi yang
dihasilkan pada saat pembakaran dalam silinder.
Langkah apa saja yang harus dilakukan oleh periset sebelum melakukan modifikasi pada blok silinder, adalah sebagai berikut :
- Menentukan tujuan penggunaan dari sepeda motor yang diriset
- Menentukan kapasitas volume silinder yang akan dibuat
- Mencari diameter Piston yang yebih besar dengan diameter pin piston yang sama ukurannya dengan bawaan pabrik.
Menentukan tujuan penggunaan sepeda
motor untuk keperluan di area road race/touring atau drag race sangat
penting bagi para periset sebelum melakukan modifikasi, kemudian mencari
ukuran diameter piston yang sesuai dengan perhitungan kapasitas
silinder yang ditargetkan. Kesulitan dalam memilih piston biasanya
ditemui pada ketidak cocokan pin pistonnya, sehingga ada periset yang
mencoba untuk memaksakan piston berdiameter besar, meskipun pennya tidak
cocok dengan diameter connecting rod dan bearing aslinya. Modifikasi
seperti hal tersebut umumnya melakukan perubahan connecting rod atau
perubahan lubang pada piston (tempat pen piston berputar). Tentu
melakukan riset ekstrim seperti itu memerlukan keberanian dan resiko
tinggi, apabila berhasil jelas power out put akan jauh berubah.
Blok silinder dengan tabung silinder
(liner) yang terbuat dari besi tahan gesek, modifikasi yang dilakukan
adalah memperbesar dengan proses pembubutan atau korter (gbr.42) hingga
diameternya sesuai dengan diameter piston dan ring yang akan digunakan.
Proses pembubutan atau korter silinder pada jenis ini pun tidak boleh
terlalu besar pemotongannya, karena bagian yang tahan terhadap gesekan
pada dinding silinder tidak menyeluruh diseluruh dinding. Ketahanan
dinding silinder terhadap gesekan diperoleh saat tabung silinder dibuat
pertama kali dan di beri tambahan heat treatment agar tahan terhadap
gesekan dan temperatur tinggi.
Gbr. 42. Perubahan Diameter Tabung Silinder
Batas maksimum pemotongan atau pengkorteran tabung silinder adalah 2,00 mm, sesuai dengan diameter piston racing dipasaran. Dengan pemotongan setebal 2 mm, tabung silinder masih sangat aman apabila motor bekerja pada putaran tinggi dalam waktu yang cukup lama. Sebenarnya untuk pemotongan lebih dari 2 mm bisa juga dilaksanakan, misalnya hingga 3 mm, asalkan tebal tabung silinder adalah min. 6 mm, tetapi motor tidak dapat bekerja dengan waktu yang lama pada putaran tinggi (cocok untuk tujuan sepeda motor drag race).
Apabila pemotongan atau perubahan diameter terlalu ekstrim langsung digunakan, blok silinder dipastikan tidak akan mampu menerima beban yang berupa tekanan dan temperatur tinggi akibat pembakaran pada ruang bakar dan ruang silinder. Hal yang mungkin timbul adalah keretakan pada dindilng silinder atau bahkan akibat pemuaiannya, dinding silinder akan menjepit piston. Untuk menghindari kejadian tersebut, sebaiknya periset pada saat modifikasi diameter silinder menjadi lebih besar (normal atau pun ekstrim), silinder lama dilepaskan dari bloknya dengan cara ditekan (dipress), seperti gbr. 43 mengilustrsikan proses pembukaan tabung silider dari blok silinder.
Perubahan diameter yang ekstrim atau besar, sebaiknya menggunakan tabung silinder bawaan piston dengan pertimbangan ukuran tabung masih berada didalam ke empat baut atau tidak. Bila masih memungkinkan, berarti tinggal melepaskan dinding (liner) silinder yang lama dan memasukkan tabung silinder yang baru setelah lubang blok disesesuaikan dengan diameter luar tabung silinder.
Gbr.
43. Pembukaan Tabung Silinder
Kemudian blok tempat dinding silinder dibubut sesuai dengan ukuran diamater tabung yang baru. Sebelum dimasukkan kedalam blok yang telah dibubut, tabung silinder dengan bahan baru atau pun lama (diameter luar telah disesuaikan dengan lubang pada blok) sebaiknya diproses dengan heat treatment. Heat treatment yang dilakukan pada tabung silinder adalah untuk menambah ketahanan dan kekuatan tabung silinder terhadap gesekan, tekanan dan temperatur tinggi pada lapisan silinder yang baru dipotong. Barulah kemudian proses pengkorteran untuk menyesuaian diameter dalam tabung silinder dengan diameter piston dan ring. Proses untuk pemasangan, posisi blok silinder berlawanan dengan proses pembukaan tabung silinder (gbr. 44).
Perubahan diameter yang ekstrim atau besar, sebaiknya menggunakan tabung silinder bawaan piston dengan pertimbangan ukuran tabung masih berada didalam ke empat baut atau tidak. Bila masih memungkinkan, berarti tinggal melepaskan dinding (liner) silinder yang lama dan memasukkan tabung silinder yang baru setelah lubang blok disesesuaikan dengan diameter luar tabung silinder.
Bgr. 44. Pemasangan Tabung Silinder
Apabila melakukan modifikasi ekstrim yang biasanya terjadi pada sepeda motor drag (FFA), terkadang blok silinder asli tidak bisa digunakan lagi. Cara yang dilakukan oleh periset biasanya adalah dengan perubahan blok silinder dan kepala silinder secara menyeluruh. Modifikasi pada perubahan blok silinder biasanya diikuti dengan perubahan lubang baut yang berjumlah 4 dan antara blok silinder dengan crank case ditambah spacer yang bentuk dan lubang bautnya telah disesuaikan, sedangkan tebal spacer disesuaikan dengan penambahan panjang stroke (langkah piston). Modifikasi ekstrim ini umumnya juga diikuti dengan perubahan crank case. Kejelian periset dalam menemukan kecocokan tabung silinder dari berbagai type dan merek motor menjadi nilai tambah pada proses modifikasi blok silinder yang ekstrim.
Perlu diingat setelah lubang tabung silinder sudah disesuaikan, pekerjaan berikutnya adalah membuat dinding silinder dapat menahan minyak pelumas pada saat penghalusan. Saat penghalusan,dinding tabung silinder diberi alur –alur halus dengan amplas sangat halus sebagai tempat melekatnya minyak pelumas.
0 on: "Modifikasi Cylinder Liner Sepeda Motor Jenis Terpisah"