More Categories

Sabtu, 04 Maret 2017

Modifikasi Cam Shaft Bearing

Ada dua bearing yang terdapat pada kepala silinder, yaitu bearing cam shaft dengan 2 ukuran (gbr.37). Bearing yang berukuran besar terpasang pada ujung cam shaft yang berhubungan dengan roda gigi rantai timing, sedang bearing yang berukuran kecil terdapat pada rumah kepala silinder di ruang cam shaft dan valve-valve, serta pegas.
Modifikasi Cam Shaft Bearing
Gbr.. 37. Modifikasi Cam sahft Bearing

Bearing yang digunakan pada cam shaft adalah jenis high speed ball bearing, berarti bearing ini menerima beban tarik dan beban gesek yang sangat besar oleh kerja cam shaft. Apabila kondisi bearing pada cam shaft dalam keadaan baik kondisinya, beban tenaga yang dibutuhkan untuk memutarkan cam shaft dan kelengkapannya akan semakin ringan. Kemampuan bearing sangat dipengaruhi oleh sistim pelumasan, gaya tekan pegas, dan gesekan sepatu rocker arm. 

Kenapa diameter bearing pada cam shaft berbeda ? Perbedaan diameter bearing pada cam shaft disebabkan oleh perbedaan beban yang harus dipikul oleh bearing berbeda, beban terbesar adalah pada timing chain, sedangkan bearing berukuran kecil pada ujung dalam cam hanya berfungsi sebagai penahan atau pengimbang pada saat cam shaft berputar. Sisi bearing pada timing chain (rantai timing) harus mampu berputar saat  mendapat beban tarik dan gaya tekan pegas valve in dan valve out, selain itu juga bearing pada cam shaft harus ampu bekerja pada teperatur yang lumayan tinggi karena berada dikepala silinder.

Modifikasi yang dilakukan pada bearing hanya mengganti jenis bearing biasa dengan jenis ceramic bearing. Meskipun sama-sama berjenis bearing putaran tinggi, ceramic bearing memiliki tahanan gesek yang lebih kecil dibanding bearing biasa. Apabila tahanan gesek ceramic bearing lebih kecil, berarti kemampuan putar ceramic bearing dengan beban yang sama dengan bearing biasa akan lebih baik.

0 on: "Modifikasi Cam Shaft Bearing"