Ada dua bearing yang terdapat pada kepala silinder, yaitu bearing cam
shaft dengan 2 ukuran (gbr.37). Bearing yang berukuran besar terpasang
pada ujung cam shaft yang berhubungan dengan roda gigi rantai timing,
sedang bearing yang berukuran kecil terdapat pada rumah kepala silinder
di ruang cam shaft dan valve-valve, serta pegas.
Gbr.. 37. Modifikasi Cam sahft Bearing
Kenapa diameter bearing pada cam shaft berbeda ? Perbedaan diameter bearing pada cam shaft disebabkan oleh perbedaan beban yang harus dipikul oleh bearing berbeda, beban terbesar adalah pada timing chain, sedangkan bearing berukuran kecil pada ujung dalam cam hanya berfungsi sebagai penahan atau pengimbang pada saat cam shaft berputar. Sisi bearing pada timing chain (rantai timing) harus mampu berputar saat mendapat beban tarik dan gaya tekan pegas valve in dan valve out, selain itu juga bearing pada cam shaft harus ampu bekerja pada teperatur yang lumayan tinggi karena berada dikepala silinder.
Modifikasi yang dilakukan pada bearing hanya mengganti jenis bearing biasa dengan jenis ceramic bearing. Meskipun sama-sama berjenis bearing putaran tinggi, ceramic bearing memiliki tahanan gesek yang lebih kecil dibanding bearing biasa. Apabila tahanan gesek ceramic bearing lebih kecil, berarti kemampuan putar ceramic bearing dengan beban yang sama dengan bearing biasa akan lebih baik.
0 on: "Modifikasi Cam Shaft Bearing"