More Categories

Sabtu, 04 Maret 2017

Modifikasi Saluran Ventilasi Cylinder Head

Pada saat engine yang telah dimodifikasi bekerja pada putaran tinggi dengan waktu yang cukup lama, temperatur akan menjadi tinggi dalam ruangan valve-valve dan ruang timing yang berhubungan dengan ruang magnet, ruang crank shaft dan ruang lain pada crank case. Selain temperatur yang tinggi, pada bagian tersebut juga mengalami tekanan yang cukup tinggi dibanding dengan tekanan pada motor standar pabrikan. 
Umumnya seluruh engine standar  dilengkapi dengan saluran ventilasi untuk mengatasi temperatur dan tekanan yang tinggi dalam ruang engine. Untuk engine yang telah dimodifikasi, temperatur dan tekanan berada diatas normal. Cara mengatasinya adalah dengan membuat saluran ventilasi yang lebih besar pada beberapa bagian, yaitu pada bagian tutup valve dan tutup timing chain pada kepala silinder dan pada ruang crank case. (gbr.36)


Modifikasi Saluran Ventilasi cylinder head
FIG. 36. Modifkasi Saluran Ventilasi Cylinder Head

Salah satu valve dan tutup timing diganti dengan tutup yang berventilasi (memiliki saluran) seperti pada gbr diatas, kemudian dengan menggunakan selang atau pipa dihubungkan dengan tabung ventilasi yang memiliki 4 saluran. Satu dari saluran pada tabung menuju saluran ventilasi di crank case dan sisanya ke udara bebas. Dengan tabung ini, tekanan dan temperatur yang berlebihan dapat dikurangi.

0 on: "Modifikasi Saluran Ventilasi Cylinder Head"