More Categories

Sabtu, 04 Maret 2017

Antara Putaran Engine dan Perbandingan Campuran di Karburator

Putaran engine yang bervariasi menyebabkan perbandingan ratio campuran bahan bakar dan udara di karburator akan berubah-ubah, tergantung dari kondisi pembukaan throttle valvenya. Pada putaran idle atau stasioner, udara masuk melalui celah throttle valve dengan kecepatan rendah, sehingga tidak bisa membawa bahan bakar dari main jet. Akibat hisapan atau kevakuman ruang silinder akan keluar melalui pilot jet dan bypass. Udara masuk melalui saluran udara yang kapasitasnya diatur oleh air screw. Gambar 5.11, proses kerja karburator pada posisi idle.

Perbandingan campuran saat putaran idle

Saat throttle valve terbuka ¼ hingga ¾ engine berputar medium, bahan bakar keluar melalui saluran main jet akibat terbawa oleh udara yang terhisap. Bahan bakar keluar melewati needle jet yang terangkat bersama throttle valve, juga keluar melalui pilot jet dan bypass jet. Gambar 5.12, posisi kerja throttle valve karburator terbuka ¼ hingga ¾ bagian.

Perbandingan campuran pada putaran medium
Pada saat throttle valve terbuka penuh, karburasi udara dan bahan bakar terjadi pada main jet yang needle jetnya terangkat (terbuka). Bahan bakar tidak lagi keluar dari pilot jet (slow jet) dan by pass jet, karena pembukaan throttle valve yang terbuka penuh menyebabkan kevakuman penuh pada main jet. Besarnya bahan bakar yang keluar atau terhisap melalui main jet dan pilot seperti pada gambar 5.13

Grafik Saat pembukaan Throtle Valve pada putaran berbeda

0 on: "Antara Putaran Engine dan Perbandingan Campuran di Karburator "